Connect with us


Nasional

UNBK SMA Muhammadiyah 2 Semarang diundur karena virus komputer

Semarang (ANTARA) – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA dan MA tahun ajaran 2018/2019 di SMA Muhammadiyah 2 Semarang terpaksa diundur karena sejumlah komputer terkena virus.

"Kemarin komputer-komputer di SMA Muhammadiyah 2 terkena virus, akhirnya 'diunlock' semua dan jadwal UNBK mata pelajaran Bahasa Indonesia dipindah menjadi 15 atau 16 April 2019," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Sulistyo di Semarang, Selasa.

Akibat hal tersebut sebanyak 23 siswa SMA Muhammadiyah 2 terpaksa tidak bisa melaksanakan UNBK pada hari pertama.

Ia menjelaskan pada hari pertama UNBK tingkat SMA/MA, peserta ujian di SMA Muhammadiyah 2 Semarang sempat mengalami kesulitan saat akan mengakses komputer.

"Karena dikhawatirkan peserta kehabisan waktu dalam mengerjakan soal ujian, maka diputuskan ditunda," ujarnya.

Terkait dengan jadwal UNBK hari kedua dengan mata pelajaran matematika, Sulistyo memastikan para peserta ujian di SMA Muhammadiyah 2 dapat mengikutinya.

"Kalau hari ini tidak ada masalah, hingga saat ini tidak ada laporan masuk, berarti tidak ada masalah," katanya.

Sementara itu, ditemui saat memantau pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Semarang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan jajarannya telah mengatasi permasalahan komputer yang terkena virus.

"Kemarin yang sempat komplain ke saya karena komputer terkena virus, kemungkinan menanggulangi virus. Kalau hari ini berdasarkan pengalaman kemarin bisa diantisipasi, Insya Allah bisa lancar," ujarnya.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *