Connect with us


Nasional

Sungai meluap, ratusan rumah di Pesawaran-Lampung terendam banjir

Banjir bandang ini diakibatkan meluapnya Sungai Padang Ratu dan mengakibatkan ratusan rumah di empat dusun terendamOleh Triono Subagyo dan Emir FS

Bandarlampung,   – Hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu (16/2) sore hingga malam menyebabkan Sungai Padang Ratu meluap dan mengakibatkan ratusan rumah di Dusun Sindanggarut, Kecamatan Waylima, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung terendam hingga sepinggang orang dewasa.

"Banjir bandang ini diakibatkan meluapnya Sungai Padang Ratu dan mengakibatkan ratusan rumah di empat dusun terendam. Untungnya tidak ada sampai memakan korban," ujar Nasiman, Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Waylima, saat dihubungi dari Bandarlampung, Ahad.

Ia menjelaskan, banjir ini terjadi sejak Sabtu malam pukul 23.30 WIB, dan pada Ahad dini hari pukul 05.00 WIB air sudah mulai surut, sehingga warga yang terdampak mulai membersihkan puing-puing sisa banjir tersebut.

"Banjir bandang tersebut datang secara tiba-tiba, karena sungai tidak dapat menampung jumlah debit air yang semakin deras," katanya.

Nasiman menjelaskan, Ahad pagi warga bergotong royong untuk membersihkan selokan dan sampah yang diakibatkan banjir bandang itu.

Ia menyatakan warga sangat mengharapkan Pemerintah Kabupaten Pesawaran segera memberikan bantuan kepada warga korban banjir.

"Pemerintah diharapkan dapat mengatasi persoalan banjir ini, karena bila terus dibiarkan, banjir seperti ini masih akan terus terjadi," katanya.

Ia juga meminta kepada tim dinas terkait yang menangani banjir dan dampaknya agar menyebar ke daerah – daerah yang terkena banjir akibat luapan air itu.

Baca juga: Gempa 5,3 SR guncang Pesawaran Lampung

Baca juga: 18 rumah di Pesawaran diterjang puting beliung

Pewarta: Triono Subagyo dan Emir FS
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *