Connect with us


Uncategorized

Polres Manokwari ajak warga bangun sistem keamanan kampung

Manokwari (ANTARA) – Kepolisian Resor Manokwari, Papua Barat, mengajak masyarakat membangun sistem keamanan kampung agar terlindung dari segala bentuk kejahatan.

Kepala Subsektor Pos Polisi Tanah Rubuh Ipda Alfandi di sela kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 di Kampung Ukopti, Distrik Tanag Rubuh Manokwari, Rabu, mengatakan, masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga kampung. Selain aksi pencurian, hal penting yang harus diantisipasi antara lain penyebaran paham radikal dan aksi terorisme.

"Juga paham lain yang dapat merusak ideologi serta menganggu Kamtibmas. Masyarakat sebagai garda terdepan dalam menangkal segala bentuk ancaman," kata Alfandi.

Ia menyebutkan, Kampung Ukopti serta kampung lain di Tanah Rubuh berada pada jalur Trans Papua Barat. Wilayah ini dinilai cukup dinamis menuju kemajuan pembangunan.

Menurutnya, masyarakat harus mengantisipasi hal-hal buruk terkait Kamtibmas agar pembangunan berjalan lancar.

Ia juga mengajak masyarakat terus mendukung setiap pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

"Kita liat di sepanjang jalan trans masuk di Distrik Tanah Rubuh, pembangunan jalan sedang berlangsung. Pemerintah sedang membangun infrastruktur jalan dan jembatan. Harus didukung, kalau ada masalah diselesaikan baik-baik, jangan palang jalan," kata Alfandi lagi.

Pada kesempatan itu, ia juga mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran hukum, agar terhindar dari segala bentuk tindak pidana.

Untuk meningkatkan kenyamanan kampung masyarakat diminta meningkatkan pengamanan swakarsa, salah satunya melalui Siskamling. Ini untuk mencegah terjadinya penyebaran terorisme, pencurian dan tindakan kriminalitas lainnya.

Masyarakat juga diingatkan agar menjaga keamanan diri dan keluarga serta meningkatkan pengawasan terhadap putra-putri yang beranjak dewasa agar terhindar dari pergaulan bebas, pengaruh minuman keras serta Narkoba.

"Sekarang sudah zaman digital, komunikasi sudah sangat mudah. Anak-anak harus dibekali dengan kesadaran agar bisa menjaga diri," ujarnya lagi.

Selain kegiatan nonfisik, pada TMMD 104 di kampung ini TNI dari Kodim 1801/Manokwari juga melaksanakan kegiatan fisik berupa pembangunan rumah serta jalan sejauh 600 meter.

Kehadiran Polisi pada kegiatan ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi antara Polri, TNI dengan masyarakat. Sinergitas tiga elemen ini besar manfaatnya dalam menjaga Kamtibmas dan pembangunan.

Baca juga: Dandim: Pengungsi Nduga sudah kembali karena jaminan keamanan
Baca juga: Kodam Cenderawasih: KKSB bakar 17 rumah warga Banti

 

Pewarta: Toyiban
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *